Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okra Kaya Nutrisi untuk Kesehatan Mata hingga Kulit

Kompas.com - 14/06/2016, 21:09 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - Meski mudah didapatkan di pasar swalayan, masih banyak orang yang bellum mengetahui manfaat okra. Padahal, peneliti telah menemukan bahwa okra bisa dianggap sebagai anggota superfood baru, karena tidak saja rendah kalori dan kaya akan sumber serat makanan, vitamin, serta antioksidan, tetapi okra juga melakukan hal besar untuk kesehatan kulit dan mata.

"Okra dikenal memiliki tingkat tinggi vitamin A, vitamin C, dan antioksidan lainnya, membuatnya menjadi pilihan tepat dalam membantu mengurangi keriput, membantu mencegah jerawat bahkan menghilangkan bekas jerawat, dan mengurangi iritasi dan noda pada kulit," kata Lana Pinchasov, RPA -C, asisten dokter di Schweiger Dermatology Group di New York City.

Pinchasov melanjutkan, beberapa antioksidan yang ditemukan dalam okra yang bermanfaat untuk kesehatan mata adalah beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein.

Antioksidan tersebut juga mempromosikan netralisasi radikal bebas di mata, yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk degenerasi makula dan katarak. Hal ini juga membantu menyehatkan mata untuk mencegah penyakit mata.

"Menariknya, okra tak hanya dapat diolah sebagai makanan untuk mendapatkan manfaat tersebut, tetapi juga dapat dioleskan pada wajah untuk efek lokal," kata Pinchasov.

"Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan merebus okra sampai lunak, lalu gunakan garpu untuk melumatkannya hingga halus. Oleskan ke wajah Anda selama empat sampai enam menit untuk kulit yang lebih halus dan segar."

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com