Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Zaskia Sungkar Jaga Kesegaran Napas Selama Puasa

Kompas.com - 15/06/2016, 12:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Zaskia Sungkar menyadari pentingnya menjaga kesegaran mulut saat puasa. Apalagi, pekerjaannya mengharuskan Zaskia bertemu dengan banyak orang.

"Di bulan puasa jadwal shooting saya cukup padat, artinya saya harus berkomunikasi dengan lawan main saya maupun sesama host acara. Saat berpuasa, saya jadi harus lebih waspada dengan bau napas," kata Zaskia di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Untuk menjaga napasnya tetap segar selama puasa, Zaskia mengaku rutin menjaga kebersihan gigi, mulai dari menyikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur, serta menggunakan obat kumur setiap hari.

Menurut Zaskia, napas kurang segar bisa menurunkan kepercayaan diri dan akhirnya tidak bisa menjalankan pekerjaan secara total.

"Urusan gigi emang bisa mengganggu mood banget," kata istri Irwansyah ini.

Zaskia pun memiliki gigi sensitif, karena sangat suka minum panas maupun dingin. Ia mengaku sangat suka minum kopi maupun teh yang disajikan panas.

Untuk itu, Zaskia memilih obat kumur khusus gigi sensitif dan bebas alkohol. Sementara itu, untuk perawatan gigi sehari-hari, Zaskia juga rutin ke dokter gigi, setidaknya untuk membersihkan karang gigi.

Bau mulut memang salah satu masalah yang kerap muncul saat menjalani puasa. Dokter gigi Sabai Asmaraghrya menjelaskan, hal itu rentan terjadi karena kurangnya aktivitas mengunyah saat puasa membuat produksi air liur menurun.

"Mulut menjadi kering dan bakteri anaerob penyebab bau mulut bisa berkembang biak dengan cepat," terang Sabai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com