Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/06/2016, 13:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Ada alasan mengapa beraktivitas pagi hari di bawah sinar matahari baik untuk tubuh. Paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D. Itu juga mengapa bayi sebaiknya sering dijemur pada pagi hari.

Vitamin D diperlukan manusia sejak bayi sampai lanjut usia. Ternyata banyak manfaat vitamin yang jarang kita ketahui. Berikut manfaat vitamin D seperti dikutip dari Boldsky.com

1. Menunda timbulnya degenerasi makula

Degenerasi makula merupakan masalah penglihatan yang terjadi seiring bertambahnya usia. Penyakit ini sering terjadi pada orang di atas 50 tahun. Munculnya makula bisa dihambat oleh kebiasaan makan sehat dan mendapat vitamin D secara teratur.

2. Menguatkan otot Vitamin D

Membantu penyerapan kalsium sehingga membuat otot-otot kuat dan berfungsi dengan baik. Asupan vitamin D yang cukup dinilai dapat mencegah terjadinya kejang, berkedut, dan kram. Sejumlah penelitian menunjukkan, vitamin D membuat orang tua memiliki tulang dan otot yang kuat.

3. Penurunan berat badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D memiliki kecenderungan kenaikan berat badan dalam periode tertentu. Jika tubuh cukup mendapat vitamin D, dipercaya dapat membantu mencegah kenaikan berat badan.

4. Meredakan gejala fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan penyakit yang bisa menyebabkan nyeri sendi dan otot, depresi, kecemasan, dan kelelahan. Meski vitamin D bukan obat fibromyalgia, pemberian vitamin D secara teratur dipercaya dapat mengurangi gejala fibromyalgia.

5. Menurunkan risiko sakit jantung

Bagi wanita yang sudah menopause, mendapatkan asupan vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian juga menunjukkan, wanita yang mendapat vitamin D secara rutin lebih rendah risikonya terkena fibroid rahim, yaitu tumor jinak di rahim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com