Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kafein Tak Efektif Melawan Efek Kurang Tidur 3 Malam Berturut-turut

Kompas.com - 20/06/2016, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Jangan mengandalkan kafein untuk mengatasi rasa lelah dan kurang konsentrasi akibat kurang tidur. Untuk efek begadang 3 malam berturut-turut, kafein ternyata tak efektif.

Minuman berkafein memang meningkatkan kewaspadaan dan juga mengurangi kantuk akibat kurang tidur.

Namun, dalam penelitian terbukti, dosis kafein yang biasa kita konsumsi ternyata tidak bisa mencegah penurunan performa akibat kekurangan tidur beberapa hari.

Penelitian itu dilakukan terhadap 48 orang dewasa sehat yang kurang tidur selama 3 hari. Mereka diberi 200 miligram kafein (rata-rata secangkir kopi mengandung 95 miligram kafein) atau plasebo tanpa zat aktif dua kali sehari.

Selain itu, para partisipan juga diberi tes mental setiap jam saat mereka terjaga. Pada beberapa hari pertama, mereka yang diberi kafein mendapatkan hasil tes yang baik. Namun, setelah beberapa hari kurang tidur, ternyata efek kafein tidak sekuat sebelumnya.

Orang dewasa disarankan tidur 7-8 jam setiap malam. Tidur cukup bukan hanya membuat kita lebih produktif, tapi juga membuat tubuh tak mudah sakit dan tentunya lebih bugar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com