Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rata-rata Perlu 30 Kali Percobaan sampai Sukses Berhenti Merokok

Kompas.com - 23/06/2016, 11:39 WIB

KOMPAS.com - Kunci sukses berhenti merokok ternyata adalah jangan menyerah mencoba. Rata-rata dibutuhkan waktu sampai 30 kali percobaan sampai seseorang bisa berhasil menghentikan kebiasaannya merokok.

Demikian menurut hasil analisa data terhadap lebih dari 1200 perokok dewasa di Kanada yang diikuti selama 3 tahun. Terungkap, dibutuhkan percobaan sampai mendekati 30 kali.

"Selama ini orang mengira upaya percobaan berhenti merokok akan berhasil dalam 5-7 kali. Padahal, angkanya jauh lebih banyak lagi," kata Dr.Michael Chaiton, ahli kesehatan masyarakat dari Universitas Toronto.

Di tahun pertama penelitian, para partisipan diminta mengingat apakah mereka pernah membuat usaha serius untuk berhenti merokok. Setelah diikuti selama 6 bulan, mereka ditanya lagi seberapa serius usaha berhenti merokok yang sudah dilakukan.

Upaya berhenti merokok cenderung lebih berhasil saat partisipan bisa bertahan satu tahun tanpa merokok.

Hasil penelitian ini memang berbeda dengan studi sebelumnya yang menyebut rata-rata perlu waktu tak sampai 10 kali percobaan.

Chaiton mengatakan, tak ada angka pasti berapa kali percobaan akan berhasil. "Banyak juga yang baru mencoba satu kali sudah berhasil. Memang ada orang yang bagus dalam banyak hal, termasuk dalam usaha berhenti merokok," katanya.

Ia mengatakan, usaha berhenti merokok merupakan proses yang panjang. Namun, niat yang kuat untuk hidup lebih sehat merupakan modal awal yang penting untuk dimiliki.

Hasil penelitian Chaiton juga dengan jelas menunjukkan, jangan pernah menyerah. Jika Anda sudah gagal 10 kali bukan berarti Anda tak akan bisa berhenti merokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com