Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dada Sering Berdebar Perlukah Dikhawatirkan Gangguan Jantung?

Kompas.com - 25/06/2016, 17:00 WIB

TANYA:
 
Dokter, apa penyebab dada sering berdebar-debar. Saya kadang-kadang mengalaminya walau tidak ada penyebab pasti. Apakah itu gejala penyakit jantung? Kalau harus periksa ke dokter namanya pemeriksaan apa.
Wahyu (34), Kediri
 

JAWAB:

Saudara Wahyu yang terhormat

Terima kasih terhadap pertanyaan saudara. Pertanyaan dan keluhan yang juga sering diajukan oleh pasien di ruang praktek dokter

Baik dari pengalaman klinis maupun teoritis keluhan jantung berdebar, apalagi hanya sesekali dan berlangsung sebentar, sebagian besar adalah normal, atau dengan kata lain tidak ada kaitannya dengan penyakit jantung yang serius.

Kalau Anda panik, misalnya tiba-tiba waktu berjalan ada seekor ular berbisa di depan Anda, jantung kemudian berdebar kencang, jantung berdebar dalam keadaan begitu biasanya normal.

Keadaan stres seperti cemas, takut, olahraga yang berat, minum kopi, mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat asthma, obat flu, badan panas, juga dapat menyebabkan jantung berdebar

Walaupun jarang, jantung berdebar bisa juga disebabkan keadaan lain yang serius seperti anemia, hipertiroid, keadaan hipoglikemi pada penderita diabetes melitus, atau gangguan jantung. Tapi, melihat keluhan saudara  kemungkinan ini sangat kecil.

Kecuali bila disamping keluhan berdebar itu diikuti dengan keluhan atau gejala lain umpamanya nyeri dada, sesak nafas, mau pingsan, berkeringat dingin, pusing yang berat, saudara harus segera konsultasi langsung ke dokter.

Kalau memang Anda ingin memeriksakan diri lebih lanjut sebaiknya konsultasi ke dokter penyakit dalam lebih dulu. Pemriksaan apa yang harus dilakukan nanti dokter tersebut yang menentukan sesuai dengan keadaan klinis saudara.

Demikian, semoga dapat membantu

Wassalam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com