Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Makan Buah dan Sayur Berbagai Warna

Kompas.com - 27/06/2016, 17:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya hidup sehat bisa dimulai dari konsumsi makanan sehari-hari. Ahli gizi Jansen Ongko mengenalkan konsep Eat The Rainbow, yaitu makan buah dan sayuran dengan beragam warna.

Jansen mengatakan, makan buah dan sayur dengan beragam warna sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Selama ini, kebanyakan orang lebih sering makan junk food atau makanan yang rendah gizi, tetapi tinggi kalori.

"Kenapa kita harus makan berwarna-warni buah dan sayur? Banyak manfaat yang enggak bisa diperoleh dari makanan junk food. Junk food sudah diproses sedemikian rupa, sehingga nutrisinya hilang," kata Jansen di Samsung Electronics Indonesia, Jakarta, Senin (27/6/2016).

Jansen mengungkapkan, buah dan sayuran mengandung fitonutrisi atau fitokimia yang tidak didapat dari bahan pangan lainnya.

Fitonutrisi kaya antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan berbagai senyawa yang dibutuhkan tubuh.

Fitonutrisi yang terkandung dalam masing-masing buah dan sayur berbeda-beda. Itulah yang membuat ada buah berwarna merah, oranye, putih, ungu, hingga sayuran hijau. Dengan demikian, masing-masing warna memiliki manfaat berbeda.

Karena itu, jangan konsumsi buah atau sayur hanya satu jenis atau satu warna saja. Jansen mengatakan, konsumsi buah dan sayur harus ada setiap hari mulai dari masa kanak-kanak.

"Konsumsilah tiga sampai lima macam warna buah dan sayur. Porsinya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu," kata Jansen.

Semakin bervariasi warna buah dan sayuran yang dimakan, semakin lengkap pula gizi yang diperoleh. Menerapkan konsep Eat The Rainbow, bisa menurunkan risiko berbagai penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, dan kanker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com