Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Manfaatnya bagi Tubuh Jika Berhenti Konsumsi Minuman Bersoda

Kompas.com - 01/07/2016, 09:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kesehatan Anda akan meningkat secara drastis, setelah Anda mulai mengganti minuman bersoda dengan air putih atau air mineral. Hampir setiap organ tubuh akan mendapatkan keuntungan jika Anda berhenti mengonsumsi soda.

 

JANTUNG

Sebuah studi dari Harvard University pada 2012 menemukan bahwa minuman manis (umumnya minuman soda mengandung banyak gula) akan meningkatkan risiko penyakit jantung kronis (CHD).

Peserta yang minum paling banyak soda, risikonya meningkat 20 persen lebih tinggi untuk mengalami serangan jantung, jelas para peneliti.

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2011 menemukan bahwa minuman manis dapat meningkatkan tekanan darah seseorang. Mengurangi minum soda setiap hari, dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

 

GIGI

Minuman bersoda menghancurkan gigi Anda, sehingga menjauhi soda akan membawa Anda menuju kesehatan oral yang lebih baik dan senyum dengan gigi lebih putih.

Dalam beberapa kasus ekstrim, mengonsumsi terlalu banyak soda dapat membuat mulut Anda seperti berkarat dengan gigi kecokelatan dan keropos, demikian, menurut sebuah studi tahun 2013.

 

TULANG

Berpantang dari minuman bersoda juga akan meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis.

Selain itu, semakin sedikit soda yang Anda minum, semakin mungkin Anda beralih ke susu atau minuman yang diperkaya kalsium lainnya yang akan menguntungkan tulang Anda lebih daripada soda.

 

GINJAL

Ginjal Anda juga akan berada dalam kondisi yang lebih baik setelah Anda mengeliminasi minuman bersoda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minum banyak soda dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal dan akhirnya menyebabkan gagal ginjal. Soda diet tidak lepas dari risiko ini.

Peneliti dari Studi Nurses 'Health menemukan bahwa wanita yang minum banyak diet soda setiap hari mengalami penurunan fungsi hati dibandingkan dengan perempuan yang tidak minum soda sama sekali.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com