Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2016, 19:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Tak mau jadi pelupa dan punya kemampuan otak yang lemah? Rutinlah berolahraga. Olah fisik ini tak hanya membuat tubuh sehat dan bugar, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan otak.

Para peneliti dari National Institute on Ageing di AS membuktikan, bagaimana olahraga dapat meningkatkan memori otak. Sebelumnya, sejumlah penelitian juga menemukan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar. Namun, belum diketahui mengapa hal itu bisa terjadi.

Penelitian kali ini menemukan, berolahraga ternyata memicu produksi protein cathepsin B yang dapat meningkatkan pertumbuhan sel saraf di otak. Kadar protein tersebut meningkat ketika seseorang berolahraga. Protein tersebut dapat disekresikan oleh jaringan otot, kemudian dikirim ke otak.

Penelitian sebelumnya diuji coba terhadap tikus yang berolahraga di atas roda. Peneliti dari National Institute on Aging Dr Henriette van Praag, mengatakan, manfaat itu akan didapat jika melakukan olahraga secara rutin.

Seseorang yang konsisten melakukan olahraga selama empat bulan memiliki hasil tes memori yang lebih baik. Menurut Praag, tak perlu bertanya harus berapa lama berolahraga. Yang terpenting, konsisten melakukannya.

Efek terhadap peningkatan memori lebih didapat dengan olahraga jangka panjang. Olahraga bisa dimulai dengan intensitas ringan, kemudian ditingkatkan secara bertahap. Olahraga rutin yang bisa dilakukan antara lain, lari, bersepeda, dan berenang.

Lakukanlah rutin 3-5 kali dalam satu minggu atau setidaknya 150 menit per minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com