Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Konsumsi 4 Jenis Minuman Kedaluwarsa Ini

Kompas.com - 02/07/2016, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Mungkin Anda tanpa sengaja pernah minum susu kemasan kotak di kulkas yang ternyata sudah lewat tanggal kedaluarsa, dan tidak terjadi apa-apa. Kalau begitu, apa sebenarnya fungsi tanggal kedaluarsa?

Bila kita jeli, dalam kemasan makanan dan minuman biasanya akan dilengkapi tanggal kedaluarsa atau terbaik dikonsumsi sebelum (best before dates).

Menurut Don Schaffner, profesor ilmu pangan, tanggal kedaluarsa biasanya didasarkan pada kualitas produk, dan bukan risiko kontaminasi.

Sementara itu tanggal terbaik dikonsumsi menunjukkan kepada konsumen kapan kualitas dan rasa produk ada puncaknya. Sesudah tanggal yang tertera akan terjadi penurunan kualitas.

Memang ada produk yang tetap bisa dikonsumsi dan tidak menimbulkan keluhan walau sudah melewati tanggal kedaluarsa. Syaratnya, produk itu disimpan dalam tempat yang kering, tidak terkena panas matahari, atau di dalam kulkas.

walau begitu, ada 4 jenis minuman yang sebaiknya tidak lagi dikonsumsi setelah tanggal kedaluarsa.

1. Semua yang mentah
Minuman mentah, seperti susu yang dibeli langsung dari peternakan atau jus sayuran mentah, bisa saja mengandung patogen. "Susu yang tidak dipasteurisasi bisa menjadi tempat perkembangbiakan bakteri listeria, bahkan di kulkas," kata Kathleen Glass, direktur Food Research Institute di Universitas Wisconsin.

2. Jus sayuran 100 persen
Jus buah cenderung bersifat asam, misalnya apel, anggur, orange, atau tomat. Asam adalah proteksi yang bagus melawan patogen dalam makanan karena bakteri jadi sulit bertahan.

Sebaliknya dengan sayuran segar yang tidak dicampur dengan buah. Jus ini bisa tidak aman untuk diminum setelah kedaluarsa.

3. Minuman pasteurisasi dingin
Pasteurisasi dingin merupakan proses membunuh bakteri tanpa menggunakan panas. Berbeda dengan pasteurisasi biasa, metode ini dapat menghilangkan bakteri tanpa mengurangi nutrisi di dalamnya.

Walau begitu para ahli mengatakan metode pasteurisasi dingin (high-pressure processing/HPP), kurang efektif dan umur simpannya lebih pendek. Terutama jika produk itu tidak mengandung buah.

4. Produk yang penyimpanannya sembarangan
Suhu yang tepat adalah kunci menjaga kualitas semua produk yang diharuskan disimpan dalam kulkas. Hindari membeli produk minuman yang penyimpanannya sembarangan, misalnya suhu kulkas kurang dingin atau malah dibiarkan di suhu ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com