Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2016, 18:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda pasti ingin senyuman yang terlihat putih menawan. Tapi, pemutih gigi profesional atau yang dijual bebas, terkadang menimbukan efek samping yang tidak diinginkan, karena zat yang terdapat di dalamnya cukup keras untuk beberapa orang yang sensitif. Ada yang bisa menyebabkan iritasi gusi, enamel kebiruan, dan putih tidak merata.

Namun jangan risau, ada banyak metode tradisional yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk memutihkan gigi seperti di bawah ini.

 

Kulit pisang

Anda dapat menggunakan kulit pisang di area gigi yang ingin Anda putihkan. Kulit pisang mengandung banyak kalium, magnesium, dan mangan, yang semuanya membantu untuk menghilangkan noda pada gigi.

Untuk mencoba metode ini, pilih pisang matang sempurna (tidak hijau dan tidak ada bintik-bintik coklat). Sekali seminggu, gosok bagian dalam kulit pisag ke gigi Anda selama sekitar 2 menit dan kemudian sikatlah gigi seperti biasa.

 

Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antibakteri sehingga menggunakannya sebagai obat kumur dapat membantu untuk mencegah plak pada gigi Anda.

Berkumurlah dengan larutan satu bagian cuka apel yang dicampur dengan dan dua bagian air setiap pagi untuk menjaga senyum Anda tetap putih dan semakin putih.

 

Kunyit

Kunyit memiliki sifat astringent, yang berarti dapat mengencangkan gusi dan menghilangkan plak dari gigi Anda. Kunyit juga bersifat abrasif (kasar) seperti baking soda, sehingga dapat membantu untuk memoles gigi dan membersihkan kotoran.

Campur dua bagian bubuk kunyit dengan satu bagian minyak kelapa dan satu bagian baking soda sampai mengental seperti pasta. Gunakan untuk menggosok gigi selama dua menit, kemudian bilas.

 

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan antibakteri yang telah terbukti mengurangi gingivitis penyebab plak, yang menyebabkan gigi kehilangan warna mutiaranya. Gunakan satu sdm minyak kelapa untuk berkumur setiap pagi setidaknya selama lima menit.

 

Baking soda

Baking soda adalah salah satu penghilang noda yang kuat, sehingga tidak mengherankan jika Anda menemukannya sebagai bahan utama pasta gigi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com