Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2016, 10:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Ginjal merupakan salah satu organ penting di tubuh. Berbagai faktor risiko bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal, misalnya tekanan darah tinggi atau diabetes yang tidak terkontrol. Namun, tanpa disadari, kebiasaan buruk sehari-hari juga dapat mengganggu kesehatan ginjal.

Berikut 7 kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan ginjal seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Kurang minum
Terkadang seseorang lupa untuk cukup konsumsi air putih, yaitu 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas. Kebiasaan buruk ini bisa menebabkan dehidrasi dan mengganggu kesehatan ginjal secara perlahan.

2. Menahan pipis
Jangan biasakan menahan buang air kecil meski sedang berpergian atau terlalu sibuk. Kebiasaan menahan pipis terlalu lama bisa menyebabkan akumulasi bakteri dalam ginjal, kemudian menjadi infeksi yang merusak ginjal.

3. Kelebihan protein
Terlalu banyak konsumsi makanan tinggi protein atau ditambah suplemen protein diduga dapat menningkatkan risiko batu ginjal.

4. Kelebihan garam
Konsumsi garam berlebihan atau makanan asin akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk mengatur keseimbangan elektrolit dalam darah Anda, dalam jangka panjang pada akhirnya dapat menyebabkan kegagalan organ.

5. Minum obat penghilang rasa sakit
Minum obat penghilang rasa sakit secara teratur diduga dapat membatasi aliran darah ke ginjal sehingga menyebabkan kerusakan ginjal secara perlahan. Konsultasikan pada dokter apakah perlu selalu minum obat penghilang rasa sakit.

6. Minum alkohol
Minum alkohol berlebihan bisa menyebabkan penumpukkan asam urat yang pada akhirnya bisa memengaruhi fungsi ginjal. Minum alkohol juga bagian dari gaya hidup tidak sehat yang bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit lain.

7. Mengabaikan Infeksi
Jangan mengabaikan infeksi pada tubuh mulai dari infeksi virus flu, tonsilitis, infeksi pada perut, dan sebagainya. Sering mengalami infeksi diduga dapat mempengaruhi fungsi ginjal karena mikroorganisme akan melewati ginjal untuk dihilangkan dari tubuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com