Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2016, 14:19 WIB

Tim Redaksi

Sumber LiveStrong

KOMPAS.com - Ingin mengurangi timbunan lemak di tubuh tapi tak punya waktu ke gym? Atau malas mengeluarkan uang lebih agar bisa membentuk tubuh? Coba lakukan pekerjaan rumah tangga. Selain membakar lemak, aktifitas ini bisa membentuk otot jika dilakukan secara rutin.

Tak perlu waktu lama untuk melakukan aktifitas ini. Misalnya, membersihkan jendela selama 30 menit bisa membakar sekitar 125 kalori. Ini setara dengan 20 menit bersepeda.

Cukup lakukan gerakan memutar searah jarum jam ketika membersihkan jendela. Jika dilakukan secara rutin, otot trisep, bisep, dan pundak akan merasakan manfaatnya.

Cara lain, menyedot debu di lantai dengan mesin vacuum cleaner. Ternyata, melakukan aktifitas ini selama 30 menit bisa membakar sekitar 180 kalori atau setara dengan 30 menit jalan kaki. Otot perut, trisep, dan sekitar perut pun ikut terlatih perlahan.

Setelah membersihkan debu, biasanya Anda akan mengepel lantai. Nah, 30 menit mengepel ternyata bisa membakar hingga 200 kalori atau setara dengan 45 menit latihan dansa. Gerakan mengepel turut melatih otot sekitar perut dan lengan.

Jika dihitung, dalam 1,5 jam Anda bisa membakar sekitar 505 kalori. Otot yang dilatih pun cukup banyak.

Jadi, sembari menunggu si bibi pulang dari libur hari raya, ada baiknya Anda melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri. Gratis dan banyak manfaatnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com