Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Demam" Latte Ganggang Biru Hijau dari Australia

Kompas.com - 15/07/2016, 13:15 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber SHAPE

KOMPAS.com - Kita sudah sering melihat matcha latte dengan busa berbentuk hati. Tren yang sedang bikin penasaran di AS adalah latte berwarna biru kehijauan dari algae. Minuman vegetarian ini bisa dibeli di Melbourne.

Adalah Matcha Mylkbar di Melbourne, Australia yang menyediakan latte unik ini. Tempat makan vegan ini baru dibuka musim semi tahun ini. Situs internet milik kafe itu juga belum sepenuhnya beroperasi, tetapi masyarakat dari seluruh dunia penasaran dengan minuman vegan itu.

Kafe berkapasitas 40 tempat duduk itu mengeluarkan debut "smurf latte" itu pada 9 Juli lalu dan langsung terjual 100 porsi di pekan pertama.

Matcha Mylkbar mengklaim minuman itu mengandung banyak manfaat sehat. Menggunakan bubuk algae (ganggang) berwarna biru-hijau, minuman itu dipercaya bisa mencegah flu. Mereka mengatakan ganggang tersebut dapat membantu "sistem kekebalan tubuh, endokrin, saraf, pencernaan makanan, jantung serta pembuluh darah."

Klaim manfaat sehat itu tampaknya bukan bohong. Pasalnya, ada sebuah studi yang pernah diterbitkan di Journal of Medicinal Food yang menyebutkan ganggang biru-hijau terbukti menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, mengurangi inflamasi dan melindungi tubuh dari stres oksidatif.

"Jika Anda mencari nutrisi di tingkat selular dan yang mendukung kebugaran tubuh, memang bagus jika mengonsumsi ganggang biru-hijau," kata Jessica Dogert, RD, ahli gizi dari Hi-Vibe Superfood Juicery, Chicago yang menyediakan makanan super mengandung ganggang biru-hijau.

"Ganggang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan dan melindungi tubuh," katanya. Manfaat sehat itu juga termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kadar energi.

Mungkin di Jakarta kita sulit menemukan ganggang jenis ini. Tetapi spirulina sebenarnya termasuk jenis ganggang biru-hijau juga. Ganggang ini terbukti efektif mengobati alergi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com