Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering "Anyang-anyangan?" Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kompas.com - 21/07/2016, 18:51 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering merasa ingin buang air kecil, tetapi urine yang keluar sangat sedikit? Kondisi ini dikenal dengan anyang-anyangan.

Menurut dokter spesialis urologi dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Charles Martamba Hutasoit anyang-anyangan adalah reaksi normal dari ketika ingin mengeluarkan sesuatu yang asing dari tubuh.

Ia mengatakan, anyang-anyangan umumnya disebabkan oleh adanya infeksi bakteri di saluran kencing.

"Penyebab terbanyak karena infeksi saluran kencing yang membuat rangsangan kandung kencing," ujar Charles di Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Charles mengungkapkan, ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan anyang-anyangan pada wanita maupun pria. Pada wanita, bisa dipicu oleh keputihan hingga tidak berganti celana dalam setelah berolahraga.

Olahraga menyebabkan keringat keluar lebih banyak dan pakaian dalam menjadi lembab. Kelembaban tersebut membuat bakteri mudah berkembang. Jika terlalu lama tidak berganti pakaian dalam, bakteri bisa masuk dan menginfeksi saluran kemih.

"Kalau laki-laki bisa karena ada prostat atau batu pada kandung kencing atau bisa ada penyempitan," jelas Charles.

Sering menahan buang air kecil juga bisa menyebabkan infeksi, sehingga memicu kondisi anyang-anyangan. Anyang-anyangan bisa menimbulkan rasa nyeri jika terjadi luka atau radang.

Charles menyarankan, jika mulai terasa anyang-anyangan, banyaklah minum air sesuai anjuran dua liter air mineral atau 8 gelas per hari.

"Jangan ditahan kencingnya, supaya dengan banyak minum bisa hilang anyang-anyangnya," imbuh Charles.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com