Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Pola Makan yang Tidak Berlebihan?

Kompas.com - 23/07/2016, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Kunci pola makan yang sehat adalah mengonsumsi bervariasi makanan dan tidak berlebihan. Namun, seperti apakah yang dianggap tak berlebihan?

Tak berlebihan artinya kita hanya mengonsumsi makanan sesuai yang dibutuhkan tubuh. Kita seharusnya merasa puas setelah makan, tetapi tidak kekenyangan.

Tak berlebihan juga berarti seimbang, karena tubuh membutuhkan protein, lemak, serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral, agar semua fungsi tubuh berjalan normal.

Bagi kebanyakan dari kita, tak berlebihan juga berarti makan lebih sedikit dari porsi yang kita miliki saat ini.

Tapi, bukan berarti kita harus berpantang makanan yang disukai. Mengonsumsi sosis seminggu sekali saat sarapan misalnya, bisa dianggap tidak berlebihan jika selanjutnya di saat makan siang atau makan malam mengasup makanan yang sehat.

Bila Anda mengasup 100 kalori dari cokelat di sore hari, seimbangkan dengan mengurangi 100 kalori dari menu makan malam. Bila Anda merasa masih lapar, tambahkan sayuran atau buah.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ingat:

- Cobalah untuk tidak menganggap makanan tertentu sebagai pantangan.

Ketika kita mencoret makanan atau kelompok tertentu, sangat alamiah jika kita justru ingin makan makanan itu. Seringkali kita akan merasa gagal jika tidak bisa menahan pantangan.

Cobalah dengan mengurangi porsi makanan tidak sehat dan semakin jarang mengasupnya.

- Porsi kecil

Dibanding beberapa tahun lalu, ukuran sajian makanan di restoran saat ini semakin besar saja. Anda bisa menyiasatinya dengan berbagi makanan dengan teman dan secara bertahan mengurangi porsi makanan.

- Jangan terburu-buru

Berhentilah makan sebelum perut begah kekenyangan. Ini karena sebenarnya butuh beberapa menit bagi otak untuk mengirimkan isyarat bahwa kita sebenarnya sudah kenyang.

- Makanlah dengan seseorang

Selain bermanfaat positif bagi sisi emosi, makan bersama juga bisa menjadi contoh baik bagi anak-anak. Makan bersama akan membuat pikiran kita lebih fokus dan biasanya makan lebih sedikit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com