Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips yang Terbukti Efektif Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 24/07/2016, 16:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Saat menjalani program penurunan berat badan, ada banyak tantangan yang akan menghadang. Salah satunya yang terberat adalah godaan makanan di luar sana yang seolah-olah memanggil nama Anda.

Produsen makanan telah menghabiskan jutaan dolar untuk meneliti warna, rasa, aroma, dan kemasan untuk menemukan cara terbaik menarik konsumen untuk berbelanja lebih banyak.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, para peneliti telah menemukan beberapa trik untuk membantu menekan rasa lapar. Gunakan kartu truf ini ketika dorongan untuk makan berlebihan muncul. Trik ini ada berdasarkan hasil studi ilmiah sehingga Anda layak memercayainya.


GANTUNG CERMIN BESAR DI RUANG MAKAN ANDA

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan di depan cermin, akan kurang bisa menikmati junk food. Hasilnya, Anda akan makan lebih sedikit makanan yang tidak sehati ketimbang Anda makan di ruang tanpa cermin.

Sebaliknya, orang-orang yang menerapkan pola makan sehat akan merasa lebih positif dan gembira mengenai diri mereka sendiri.

Para peneliti menemukan, refleksi Anda dari dalam cermin dapat membantu Anda memilih makanan yang sehat. Anda tidak akan senang melihat refleksi diri sendiri dengan setumpuk makanan sampah. Tetapi pilihan yang sehat akan memicu emosi positif.


BERSIHKAN DAPUR ANDA

Luangkan waktu 10 menit untuk membereskan dapur yang berantakan dan tidak terorganisir. Penelitian berkata, dapur berantakan membuat seseorang lebih mungkin untuk meraih makanan ringan yang tidak sehat seperti cookies, menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Environment and Behavior.

Mereka makan sekitar 100 kalori lebih dibandingkan dengan orang-orang yang memiliki dapur yang rapi. Dapur yang rapi membuat orang lebih cenderung memilih wortel dibanding makanan instan sarat kalori.


BAYAR TUNAI UNTUK CAMILAN

Para ilmuwan menemukan, merogoh dompet atau kantung untuk membayar tunai permen atau sekantong keripik dapat memberikan jeda yang cukup untuk mempertimbangkan kembali pembelian tersebut.

Rasa sakit berpisah dengan uang tunai bisa mengehentikan keinginan impulsif membeli camilan tidak sehat.


REDUPKAN LAMPU ANDA

Dengan pencahayaan lembut, stres akan berkurang dan pergi, percakapan mulai menarik dan suasana hati membaik, serta Anda makan lebih sedikit, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Psychological Reports.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com