Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2016, 17:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Sel-sel rambut merupakan sel yang paling cepat berkembang di dalam tubuh. Ketika tubuh sedang stres atau terserang penyakit, sel-sel rambut dapat dimatikan agar energi terpusat untuk membantu menyembuhkan stres maupun penyakit yang melanda.

Menurut Academy of Dermatology, hampir setengah dari penduduk dunia mulai mengalami penipisan rambut—yang umumnya ditandai dengan rambut rontok—pada usia 40. Tetapi, orang dengan kondisi tiroid tertentu lebih mungkin untuk kehilangan banyak rambut mereka jauh sebelum usia 40 tahun.

Sehingga, bila Anda mengalami kerontokan parah di awal usia 30an misalnya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengecek kondisi tiroid dalam tubuh.

"Kabar baiknya adalah bahwa dokter dapat memberikan resep hormon tiroid untuk membantu rambut Anda tumbuh kembali," kata Dr Jennifer Landa, kepala medis untuk BodyLogicMD.

"Hal pertama yang akan Anda lihat setelah melakukan perawatan adalah perlambatan dari rambut rontok, dan kemudian rambut akan mulai tumbuh kembali, dan pada akhirnya akan tumbuh lebih tebal dan lebih kuat. Tapi ini bisa memakan waktu beberapa bulan."

Landa menambahkan, bahwa jika pasien telah menjalani pengobatan hormon tiroid untuk jangka waktu tertentu dan tidak mendapatkan hasil, pasien tersebut sebaiknya menjalani tes untuk mengukur kadar hormon tiroid tertentu yang disebut triiodothyronine.

"Sebagian besar obat yang diberikan untuk tiroid adalah T4 (tiroksin), dan kebanyakan pasien mendapatkan efek yang baik," katanya. "Tapi, ada juga pasien yang tidak mendapat manfaat dari obat tersebut."

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com