Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Kekayaan Seseorang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Kompas.com - 25/07/2016, 07:35 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Berdiri di luar rumah di bawah sinar matahari selama berjam-jam tanpa tabir surya dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

Namun, selain itu, ada hal-hal lain yang aneh dan mengejutkan, yang juga bisa memperbesar risiko Anda mendapat melanoma.


1. Anda memiliki simpanan yang banyak di bank

Orang kaya lebih mungkin untuk menderita kanker kulit, demikian menurut sebuah studi dari New York State Cancer Registry.

Para peneliti menganalisis data kejadian kanker dari 16 negara dan menemukan bahwa melanoma memiliki hubungan kuat dengan lingkungan yang kaya.

Mengapa demikian? Ini karena orang-orang kaya mampu untuk berlibur dan menghabiskan waktu di pantai atau lapangan golf di mana mereka banyak terpapar sinar UV matahari, dermatologis Adnan Nasir, M.D., Ph.D.


2. Anda suka mengemudi

"Orang-orang yang berkendara memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit, terutama di tangan mereka," kata Dr Nasir.

Meskipun kaca depan mobil biasanya diberi pelapis untuk melindungi penumpang (dan pengemudi) dari paparan UV, tetapi kaca jendela bagian samping, umumnya, tidak dilaminasi.

Jadi, tidak mengherankan jika para peneliti dari St. Louis University menemukan bahwa 74 persen kasus melanoma maligna terjadi pada sisi kiri tubuh (di AS, setir mobil terletak di kiri).


3. Obat-obatan tertentu

Ada obat yang memiliki efek samping meningkatkan kerentanan Anda terhadap sinar UV. Obat ini disebut photosensitizers. Yang termasuk jenis obat photosensitizers adalah obat-obatan kardiovaskular tertentu dan antimikroba, seperti antibiotik tetrasiklin.

Dalam sebuah penelitian di Dartmouth terhadap lebih dari 5.000 orang, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi salah satu pil ini selama setidaknya enam bulan, 50 persen lebih mungkin mengembangkan karsinoma sel basal sebelum usia 50 tahun, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi obat-obatan jenis photosensitizers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com