Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2016, 12:00 WIB

KOMPAS.com — Bila Anda selalu sibuk mencari keripik, biskuit, atau gorengan setelah makan siang, Anda tak sendiri. Keinginan untuk ngemil memang lebih besar pada sore hari.

Kecenderungan untuk ngemil makanan yang tidak sehat pada sore hari ini terjadi karena kita merasa akan lebih diterima secara sosial jika melakukannya. Tradisi ngemil sore memang ada di banyak budaya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris juga mengungkapkan, mayoritas responden melihat camilan yang tidak sehat pada pagi hari secara negatif, dibandingkan dengan camilan sore.

"Jika kita memikirkan tentang acara minum teh sore, biasanya kita langsung mengaitkannya dengan camilan seperti donat, kue-kue kering, cokelat, dan camilan asin," kata Dr Kacie Dickinson, pakar diet.

Ia mengatakan, camilan yang tinggi gula, lemak, dan garam ini seharusnya dibatasi.

Menurut dia, seharusnya ngemil tidak perlu jika kita memiliki makan sehat tiga kali sehari, dengan menu sehat dan memuaskan.

"Namun, jika kita tetap merasa lapar setelah sarapan, makan siang, atau makan malam, pilihlah jenis panganan yang sehat, misalnya buah segar, kacang-kacangan, atau yogurt," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com