Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2016, 20:53 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Tak dapat dipungkiri, payudara akan kendur seiring pertambahan usia. Tapi, jangan khawatir, ada cara untuk menundanya.

Payudara sejatinya tidak punya otot. Payudara ini terdiri dari lemak, kelenjar susu dan jaringan konektif. Semuanya itu terbungkus dalam kulit.

Di usia 30-an, ditambah dengan menyusui bayi, kulit payudara berkurang elastisitasnya. Normal jika payudara kelihatan turun.

Kendati demikian, ada sejumlah jurus yang menunda penuaan payudara ini:

1. Berhenti merokok
Selain merusak bagian tubuh yang lain, studi pun membuktikan merokok mengurangi jumlah kolagen di kulit. Padahal kolagen ini yang membuat kulit terlihat muda dan kenyal. Jangan biarkan rokok membuat kulit, apalagi kulit payudara jadi kendur dan berkeriput.

2. Berhenti tanning
Berjemur di bawah sinar matahari tanpa tabir surya jelas berbahaya karena berisiko kanker kulit. Kulit pun jadi menipis. Kulit menipis ini membuat payudara kendur makin terlihat jelas.

3. Pakai bra yang pas
Memang tak ada bra yang menjamin bakal mencegah payudara jadi kendur. Tetapi bra yang menyangga payudara dengan benar dapat mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kegiatan seperti olahraga.

4. Kebiasaan membungkuk
Postur tubuh bungkuk itu membuat payudara jadi berat. Oleh karena itu berdirilah dengan tegak karena berdiri tegak membuat payudara terlihat lebih indah.

5. Berhenti diet yoyo
Diet yoyo ini berarti naik dan turun berat badan. Hal seperti ini sejatinya tak baik untuk elastisitas kulit.

6. Melatih dada
Payudara memang terdiri dari lemak. Tetapi di baliknya ada otot dada. Melatih otot dada secara teratur menguatkan otot tersebut dan membantu mengurangi penampilan kendur payudara.

7. Memanfaatkan lidah buaya
Oleskan pelembab mengandung lidah buaya di payudara . Lidah buaya ini mengandung nutrisi yang mengencangkan kulit.

8. Minum air
Kulit sebagian besar terdiri dari air. Untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, minumlah air yang cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com