Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tunggu Gejala Muncul, Rutinlah Cek Kesehatan Jantung

Kompas.com - 01/08/2016, 18:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepergian penyanyi Mike Mohede menyisakan duka mendalam. Banyak yang terkejut bahkan sempat tak percaya Mike meninggal di usia muda, yaitu 32 tahun. Mike disebut meninggal karena serangan jantung.

Penyakit jantung memang bisa menyerang siapa saja, baik usia tua maupun muda. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Yoga Yunaidi pun mengingatkan pentingnya cek kesehatan rutin. Menurut Yoga, cek kesehatan tak perlu menunggu terkena penyakit atau muncul gejala.

"Kalau kita ngerasa sehat, enggak ada keturunan penyakit berat dari keluarga, tetap harus melakukan pemeriksaan rutin. Jangan menunggu jadi parah," kaya Yoga saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/8/2016).

Menurut Yoga, cek kesehatan sangat penting dilakukan, apalagi dengan pola hidup di perkotaan yang umumnya tidak sehat.

Banyak masyarakat muda yang tidak menjaga pola makan, seperti sering makan junk food, konsumsi makanan tinggi lemak, dan gula yang berlebihan.

Buruknya, pola makan itu pun diikuti dengan kurangnya aktivitas fisik atau gaya hidup sedentary. Faktor risiko lainnya, yaitu kebiasaan merokok dan stres.

Yoga mengungkapkan, pemeriksaan jantung bisa dengan alat rekam Elektrokardiogram (EKG). EKG dapat mendeteksi bila ada kelainan irama jantung. Pemeriksaan EKG juga bisa melalui treadmill test (TMT).

Yoga juga mengingatkan untuk tidak menganggap sepele ketika muncul gejala penyakit jantung seperti sesak napas, pusing, pingsan, hingga keringat dingin.

Dokter spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam dari RS Cipto Mangunkusumo menambahkan, banyak cek kesehatan yang bisa dilakukan untuk deteksi dini penyakit. Mulai dari cek gula darah, kadar kolesterol, asam urat, jantung, hingga tekanan darah.

"Usia di atas 40 tahun, obesitas, merokok, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida, diabetes mellitus (DM), riwayat keluarga dengan sakit jantung, kurang olah raga rutin dan stres dianjurkan untuk segera check up," kata Ari melalui pesan tertulis kepada wartawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com