Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/08/2016, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat wajib dilakukan orang yang pernah mengalami serangan jantung. Salah satu suplemen yang bisa mempercepat pemulihan adalah minyak ikan.

Penelitian menyimpulkan, konsumsi suplemen minyak ikan dalam dosis tinggi selama 6 bulan pasca serangan jantung bisa meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi parut jantung.

Demikian menurut kesimpulan studi yang dilakukan oleh Dr.Raymond Kwong terhadap 360 penyintas serangan jantung. Separuh dari responden itu diberi 4 gram asam lemak omega-3 setiap hari selama 6 bulan, sementara sisanya diberi pil plasebo.

Pada pasien yang memiliki kadar trigliserida tinggi, biasanya dokter akan meresepkan suplemen minyak ikan 1-2 gram sehari.

Dari hasil pemeriksaan MRI jantung ditemukan ada peningkatan fungsi jantung 6 persen dan luka parut.

Walau begitu, menurut Dr.Gregg Fonarow, profesor kardiologi dari Universitas California, Los Angeles, penelitian sebelumnya mengenai manfaat minyak ikan belum memberi hasil yang kuat.

"Masih diperdebatkan tentang manfaat asam lemak omega-3 pada pasien serangan jantung," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com