Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2016, 20:35 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meditasi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Pada pasien penyakit kronis, meditasi bisa membantu kesembuhan dan mempercepat pemulihan.

Praktisi meditasi dari The Golden Space Indonesia Amrit Gurbani menjelaskan, manusia memiliki tubuh, pikiran, dan jiwa atau emosi yang saling berhubungan. Ketika pikiran stres, emosi marah, tubuh mengeluarkan hormon stres yang disebut kortisol. Sedangkan, ketika seseorang bahagia, tubuh mengeluarkan hormon endorfin.

"Penyakit itu bisa terjadi kalau kita terlalu stres," kata Amrit dalam jumpa pers pembukaan The Golden Space Indonesia di Sudirman Park, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Pikiran yang stres bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga lebih mudah sakit atau memperparah penyakit. Untuk itu, tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang harus seimbang.

Amrit mengatakan, komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa manusia pun diatur oleh sistem di tubuh, yaitu napas. Misalnya, saat panik atau marah, napas akan lebih cepat.

Nah, meditasi, yang meliputi latihan bernapas bisa membuat seseorang lebih tenang, lebih menggunakan hati dalam menjalani hidip, membangun empati hingga intuisi. Dengan meditasi, seseorang pun bisa melupakan rasa sakitnya.

Selain itu, lanjut Amrit, meditasi juga bisa membantu seseorang menghilangkan fobia. "Fobia itu berasal dari bawah alam sadar kita. Kenapa kita takut? Tapi kalau kita mengerti kenapa takut, biasanya orang sudah enggak takut lagi," jelas Amrit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com