Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Ini Justru Bisa Menimbulkan Kelelahan

Kompas.com - 08/08/2016, 16:09 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Tidak semua makanan dapat memberikan energi yang bertahan lama yang kita butuhkan. Bahkan, beberapa makanan bisa membuat kita merasa lelah tak lama setelah menyantapnya.

Bagi orang-orang dengan sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS), seperti mereka yang menderita gejala flu berkepanjangan, lelah terus-menerus, sakit otot dan kepala, sangat penting untuk menghindari makanan-makanan semacam itu.

Pola makan sehat dan latihan teratur sangat penting bagi semua orang. Tapi jika menyangkut CFS, sangat penting untuk berhati-hati terhadap apa yang Anda makan, kata  Bethany Thayer, RDN, direktur Center for Health Promotion and Disease Prevention di Henry Ford Health System  Michigan.

“Beberapa makanan bisa memerburuk gejala. Jadi, Anda harus menghindarinya sedapat mungkin," kata Thayer lagi. Inilah lima makanan yang perlu Anda eliminasi dari meja makan Anda.


Kafein

Beberapa saat setelah meminumnya, Anda akan merasa terjaga. Setelah itu, Anda akan merasa lemas, kata Thayer.

Kafein yang diminum di waktu yang salah, misal pada waktu malam, juga akan menganggu pola tidur dan ini akan memerburuk kondisi CFS.

Jika Anda pecinta kopi, piliihlah jenis non atau rendah kafein dan batasi konsumsinya tidak lebih dari secangkir sehari.


Gula tambahan

Gula tambahan adalah sesuatu yang dihindari oleh para pelaku diet. "Sangat natural, ketika kita lelah, para penderita CFS merasa lelah, mereka menginginkan makanan yang manis,” kata Thayer.

Gula bisa meningkatkan energi sesaat setelah Anda mengonsumsinya, tapi kemudian menyebabkan insulin turun drastis dan Anda menjadi bertambah lelah.

Semua jenis gula bekerja dengan cara yang sama di tubuh Anda. Entah itu sirup jagung, gula putih, merah atau gula mentah, kata  Lori Chong, RD, dari  Ohio State University.

“Bukan hanya memicu inflamasi tapi gula juga menyerap banyak nutrisi untuk dapat diproses oleh tubuh."

Ganti makanan Anda dengan makanan tanpa gula, atau bisa juga Anda menambahkan madu atau satu sendok sirup mapel jika ingin merasakan yang manis di lidah Anda.


Makanan yang digoreng

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com