Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2016, 11:37 WIB

KOMPAS.com - Risiko yang harus kita tanggung dari kurang tidur sebenarnya jauh lebih besar dari yang kita ketahui. Pengaruhnya bahkan dirasakan pada kesehatan jangka panjang.

Setelah semalam kurang tidur, tentu keesokan harinya kita akan mengalami rasa lelah, mood buruk, atau kurang fokus. Yang jarang orang sadari adalah kurang tidur, apalagi jika setiap hari kita sering begadang, meningkatkan risiko penyakit kronik.

Berbagai penelitian mengenai tidur dan penyakit sudah dilakukan. Hasil dari penelitian itu cukup konsisten. Seperti dikutip dari healthysleep.med.harvard.edu, berikut adalah pengingat dari bahaya kebiasaan begadang pada tubuh kita.

1. Obesitas
Orang yang sering kurang tidur cenderung memiliki berat badan berlebih. Para ahli sekarang ini juga memasukkan kurang tidur sebagai salah satu faktor penyebab obesitas, selain kurang olahraga dan makan berlebih.

Kurang tidur diketahui akan mengganggu metabolisme tubuh dan pengeluaran hormon-hormon yang mengatur nafsu makan dan pemrosesan glukosa.

2. Diabetes
Kebiasaan kurang tidur juga memicu diabetes tipe dua. Hal itu karena kemampuan tubuh memproses glukosa, energi dari karbohidrat yang dipakai sel sebagai bahan bakar, terganggu. Orang yang tidur sekitar 5 jam setiap malam diketahui memproses glukosa lebih lambat.

3. Penyakit jantung dan hipertensi
Penelitian menunjukkan, penderita hipertensi yang kurang tidur satu malam saja sudah akan mengalami peningkatan tekanan darah. Efek ini mungkin bisa menjelaskan kaitan antara kurang tidur dan penyakit jantung dan stroke.

4. Gangguan mood
Kebiasaan tidur larut malam dan juga kurang tidur merupakan penyebab Anda menjadi orang yang gampang marah dan moody. Dalam jangka panjang, kurang tidur juga dapat memicu depresi, kecemasan, dan stres mental.

5. Fungsi imun menurun
Secara alami kita akan lebih banyak tidur saat sedang sakit. Ini merupakan cara tubuh untuk meningkatkan kekuatan sistem imun dalam melawan infeksi. Jadi, tak heran bila kita gampang sakit akibat beberapa hari selalu begadang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com