Senin, 27 Maret 2017

Health

KONSULTASI KEHAMILAN & KANDUNGAN Dr. Achmad Mediana, SpOG
Rumah Sakit Ibu Anak Kemang Medical Care
Ketua Yayasan Rumah Hati dan Pendiri Jakarta Breastfeeding Center (JBFC)

Keluhan Susah Makan akibat Mual Muntah

Thinkstockphotos Ilustrasi

TANYA:
Saya sedang hamil anak pertama, usia kehamilan 12 minggu. Sekarang ini saya memeriksakan kehamilan di dokter kandungan. Setiap pulang kontrol saya pasti diberi obat beberapa macam, termasuk penguat kandungan. Sekarang ini saya masih mual dan muntah terus, sehingga malas minum obat-obatan itu. Apa efeknya jika saya tidak minum dok? Bolehkah diganti dengan makanan atau susu hamil saja?
 
Shalwa (24), Tangerang Selatan


JAWAB:

Di usia kehamilan 12 minggu memang sedang dalam puncak keluhan. Jadi sangat wajar kalau ibu memang susah untuk makan obat. Sementara kebutuhan obat pada saat hamil muda yang paling penting adalah kebutuhan asam folat.

Upayakan untuk makan dan minum sedikit-sedikit saja tapi sering. Bila ibu masih bisa menerima keadaan mual muntahnya, menurut saya tidak perlu banyak makan obat. Yang penting keadaan ini tidak permanen sampai lahir, biasanya keluhan ini akan hilang di usia hamil 14-15 minggu.

Pada dasarnya tidak akan ada efek samping kalau ibu tidak minum berbagai obat itu. Yang paling penting adalah ibu tetap tenang dan sabar, upayakan tetap makan minum sedikit-sedikit dan cukup istirahat.

Editor : Lusia Kus Anna

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat