Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh yang Dirasakan Tubuh Saat Kita Berhenti Makan Daging

Kompas.com - 11/08/2016, 11:45 WIB

KOMPAS.com- Peminat pola makan vegetarian atau tidak mengonsumsi daging memang terus bertambah seiring kesadaran akan kesehatan. Kita tahu bahwa ada banyak manfaat dari menghindari konsumsi daging dan memperbanyak asupan serat.

Sebuah penelitian menunjukkan, jutaan kematian akibat penyakit kronik pertahun di dunia bisa dicegah jika semakin banyak orang yang mengurangi konsumsi daging. Makanan berlemak jenuh memang meningkatkan potensi penyakit berbahaya.

Salah satu keuntungan dari tidak mengonsumsi daging adalah menurunnya kadar kolesterol sampai 35 persen.

Penyakit diabetes tipe dua juga terkait erat dengan mengonsumsi protein hewani, terutama daging merah dan daging yang diproses.

Orang yang mengonsumsi daging lebih dari satu kali seminggu, selama 17 tahun memiliki risiko 74 persen menderita diabetes. Secara umum, pecinta daging memiliki kemungkinan lebih besar menderita diabetes dibanding para vegan.

Dengan mengurangi asupan daging, keju, dan telur, dan menggantinya dengan sayuran berkualitas tinggi, kacang-kacangan, dan biji-bijian, tubuh Anda akan terima kasih.

Hanya saja, pastikan tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi dalam jumlah sesuai yang dibutuhkan

Meski tidak mendapat asupan protein hewani, namun vegetarian tetap bisa mendapat protein, misalnya saja dari tahu dan kacang-kacangan.

Namun, vegetarian tetap perlu mengatur asupan makanannya dengan baik agar tidak sampi kekurangan zat besi, kalsium, dan vitamin B12, yang biasanya kita dapatkan dari protein hewani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com