Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang Lelah dan Kesemutan Bisa Jadi Gejala Kurang Vitamin B12

Kompas.com - 11/08/2016, 17:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan karena penyakit mengerikan, infeksi virus, maupun bakteri, yang membuat Samantha Nash (42) merasa kelelahan parah hingga kelumpuhan. Kondisi itu ternyata karena kekurangan vitamin B12.

Ini masalah yang jarang disadari setiap orang, meski sudah terjadi selama bertahun-tahun. Samantha yang bekerja sebagai bidan ini seperti kehilangan energinya.

Ia tidak bisa mengangkat kakinya untuk berjalan, kehilangan konsentrasi, bahkan tak bisa sekedar membuat teh. Lengan kanan Smantha juga sering kesemutan dan mati rasa.

"Terkadang saya hampir tak bisa bangun dari tempat tidur," kata Samantha.

Vitamin B12 ternyata berperan penting untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem saraf. Vitamin ini juga penting untuk pembentukan sel-sel darah dan myelin yang menyelimuti sel-sel saraf.

Kekurangan vitamin B12 berakibat pada kelelahan ekstrem, kelemahan otot, penurunan memori, konsentrasi, hingga infertilitas sementara pada wanita. Jika tidak diobati, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan neurologis yang serius, bahkan bisa permanen.

David Smith seorang Profesor Emeritus of Pharmacology dari Universitas Oxford menduga kekurangan vitamin B12 pada orangtua berkaitan dengan penyakit demensia.

David mengatakan, defisiensi B12 sering tak terdiagnosis karena jarang menjadi pertimbangan seorang dokter. Dokter sering kebingungan atau kadang mengira pasien mengalami multiple sclerosis.

JIka diketahui sejak awal, defisiensi vitamin B12 bisa diobati hanya dengan diberi suntik vitamin.

Nah, agar terhindar dari masalah kekurangan vitamin B12, dokter menyarankan agar tak terlalu membatasi variasi makanan saat diet. Vitamin B12 mudah didapatkan dalam daging, ikan tuna, salmon, susu, keju, dan telur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com