Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2016, 19:05 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Sering merasa makan terlalu banyak tanpa disadari? Akhirnya, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh pun bertambah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba trik berikut.

Makan beberapa menu sekaligus dalam jumlah banyak dan waktu singkat—misalnya 3 potong piza, segelas minuman soda, dan seporsi es krim dalam waktu 20 menit—lalu merasakan perut seperti ingin “meledak” karena kekenyangan? Bisa jadi Anda telah makan berlebihan.

Jika Anda sering makan berlebihan, ahli gizi bersertifikat Leslie Langevin, MS, RD, CD, dari Whole Health Nutrition, memiliki satu tips untuk membantu Anda mencegah makan berlebihan, termasuk menghindari kekenyangan setelah makan.

“Berhenti makan setelah Anda melahap setengah porsi. Beristirahatlah selama 10 menit,” kata Lengevin.

Letakkan sendok di sisi piring, dan jika sajian terlalu menggoda, menjauh dari meja makan jika perlu. Gunakan untuk mengobrol dengan teman makan, cek media sosial, atau membalas e-mail yang masuk ke ponsel.

Sementara itu, ahli gizi terdaftar, Stephanie Clarke dan Willow Jarosh dari C & J Nutrition, menyarankan Anda untuk bernapas dalam-dalam atau meditasi di tengah-tengah makan. Itu akan sulit pada awalnya, tetapi bila sudah menjadi kebiasaan, Anda akan merasa jauh lebih baik setelah makan.

Mengambil 10 menit untuk berhenti makan memungkinkan tubuh memiliki waktu lebih untuk mencerna makan sehingga otak dapat mengejar ketinggalan dalam memberikan sinyal kenyang. Cara ini memaksa Anda untuk lebih berhati-hati dan menilai, apakah Anda benar-benar lapar untuk menghabiskan setengah makanan selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com