Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2016, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Di mana pun kita berada, tentu kita perlu menjaga etika agar tidak mengganggu orang lain, termasuk saat sedang berlatih di pusat kebugaran atau gym.

Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk anggota pusat kebugaran yang merugikan orang lain.

- Tidak melap keringat di mesin
Bukan hanya menyebalkan, meninggalkan keringat di alat atau mesin yang baru kita pakai sebenarnya juga tidak sehat. Sebaiknya bawa handuk untuk membersihkan jejak keringat di alat-alat dan lantai yang kita pakai untuk mencegah penularan kuman.

- Sibuk memberi saran
Walau maksud Anda mungkin untuk membantu, tetapi tahan diri untuk tidak memberi saran pada anggota gym lain yang sedang berlatih. Memberi saran pada orang lain bisa jadi mengganggu dan juga berbahaya karena kita tidak tahu kondisi tubuh setiap orang.

- Datang terlambat ke kelas
Selain mengganggu orang lain, datang terlambat ke kelas zumba atau kickboxing misalnya, juga merugikan diri sendiri. Sudah pasti Anda terlambat ikut pemanasan yang sangat penting untuk memulai aktivitas fisik intensif.

- Sibuk selfie
Setelah melatih diri rutin di gym, kita memang harus bangga dengan pencapaian yang diraih. Tetapi, batasi mengambil swafoto (selfie) saat orang lain sedang berlatih.

- Tidak mengembalikan alat
Kebiasaan yang juga dianggap mengganggu adalah tidak mengembalikan beban atau alat lainnya setelah dipakai ke tempatnya. Kebiasaan ini juga bisa membuat orang lain urung memakai alat itu.

- Bernyanyi atau bicara keras
Jagalah volume musik yang Anda dengar saat berolahraga, apalagi sampai ikut bernyanyi keras. Ingat, gym merupakan tempat publik. Hal yang sama juga berlaku saat Anda ngobrol atau bicara di ponsel.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com