Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2016, 21:11 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Keracunan makanan bisa terjadi karena konsumsi makanan yang terkontaminasi, seperti daging dan susu. Mual, muntah, diare, dan kram perut merupakan gejala umum dari keracunan makanan.

Orang yang keracunan makanan cukup parah harus segera dibawa ke dokter. Namun, dalam beberapa kasus, keracunan makanan tak perlu pengobatan khusus. Berikut 4 hal yang bisa dilakukan ketika keracunan makanan.

1. Banyak minum
Keracunan makanan bisa menyebabkan dehidrasi. Ganti cairan yang keluar dari tubuh dengan banyak minum air putih atau. Hindari alkohol dan minuman berkafein karena justru dapat memperburuk keadaan.

2. Hindari makan pedas
Ketika keracunan makanan, hindari makan pedas, gorengan, serta makanan tinggi lemak dan gula. Konsumsilah makanan sehat, berbahan alami, dan yang mudah dicerna seperti bubur dan pisang.

3. Probiotik
Konsumsilah probiotik, seperti yogurt, agar cepat pulih dari keracunan makanan. Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk usus sehingga mempercepat proses pemulihan.

4. Istirahat
Keracunan makanan bisa membuat Anda sangat lelah dan lemas. Jangan dulu terlalu banyak aktivitas. Perbanyak lah istirahat agar kesehatan cepat pulih kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com