Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2016, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Setiap tahapan usia memiliki tantangannya sendiri, tak terkecuali krisis usia seperempat baya (quarter life crisis) alias usia 25 tahun. Usia yang tidak muda lagi, tapi juga belum tua.

Walau bagi banyak orang usia 25 tahun masih dianggap muda dan jalan yang terbentang sangat panjang, tapi tidak bagi mereka yang menjalaninya. Banyak orang dewasa muda ini yang merasa khawatir dan tidak pasti dengan hidupnya.

Untuk menghadapinya ada beberapa kiat dari para ahli psikologi yang bisa Anda coba terapkan di fase krisis ini.

- Kelilingi diri dengan orang yang mencintai
Tak ada yang lebih berharga dari meluangkan waktu dengan keluarga dan teman-teman terdekat, terutama ketika Anda merasa galau dengan perubahan hidup yang dialami.

- Batasi media sosial
Sebisa mungkin, batasi penggunaan media sosial agar Anda tak selalu membandingkan diri dengan orang lain. Sering membandingkan diri itu pada akhirnya akan berakhir dengan rasa tidak puas, iri, dan membenci diri sendiri. Perasaan yang berakibat toksik bagi jiwa.

- Rawat diri
Belajarlah dan coba untuk tetap bahagia dan mencintai diri sendiri. Ini salah satunya dengan cara menjaga kesehatan tubuh sejak sekarang.

- Jaga kebugaran
Jadikan olahraga sebagai bagian dari hidup Anda. Buat target jangka pendek yang akan dicapai agar lebih termotivasi.

- Jangan menunda pekerjaan
Merasa tidak puas dengan karier yang mandek atau sering dikomplain oleh atasan karena hasil kerja tidak maksimal? Cobalah evaluasi diri dan mulai lakukan perubahan dari hal kecil, semisal tidak menunda-nunda pekerjaan.

- Lakukan hal yang bikin bahagia
Jangan lupa untuk memanjakan diri sendiri, misalnya ke salon, memasak makanan favorit, atau mengajak jalan hewan kesayangan.

- Jangan menangisi hubungan yang kandas
Hidup tak akan berakhir saat hubungan asmara Anda gagal. Setelah masa-masa sedih berlalu, tata kembali perasaan Anda dan lakukan hal yang membuat bahagia. Ingatlah bahwa kendali rasa bahagia ada pada diri kita sendiri, bukan pasangan atau si mantan. (health me up)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com