Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan yang Tak Perlu Disimpan dalam Kulkas

Kompas.com - 15/08/2016, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Kulkas boleh jadi merupakan tempat penyimpanan bahan makanan terbaik untuk mencegah pembusukan dan perkembangbiakan bakteri.

Walau begitu, tidak semua sayur dan buah perlu disimpan di kulkas sebelum dimasak. Bahkan, beberapa jenis makanan akan mengalami penurunan mutu jika disimpan dalam kondisi dingin.

Berikut adalah 6 jenis bahan makanan yang sebaiknya disimpan di suhu ruangan untuk menjaga kesegarannya.

1. Bawang putih
Bawang putih segar sebaiknya disimpan dalam kondisi belum dikupas di tempat yang kering, dengan sirkulasi udara yang baik. Dalam kondisi kelembaban rendah, bawang putih bisa bertahan sampai 6 bulan. Bila disimpan dalam kulkas bumbu ini akan dehidrasi atau justru tumbuh tunas.

2. Saus
Kandungan garam, gula, dan juga cuka apel di dalam saus sebenarnya sudah menjadi pengawet alami. Itu sebabnya botol saus cukup disimpan di dalam rak dapur atau meja.

3. Melon
Buah melon dan semangka yang belum dikupas sebaiknya disimpan dalam suhu ruang. Buah tersebut paling enak dinikmati dalam berapa hari, sampai dua minggu setelah dipanen. Sebelum dikupas, sebaiknya cuci bersih kulit melon dan semangka. Simpan sisa potongan buah dalam plastik atau wadah di kulkas.

4. Bawang merah
Seperti halnya bawang putih, bawah merah juga cukup disimpan di suhu ruangan dalam kondisi belum dikupas.

5. Kentang
Hindari menyimpan kentang di kulkas untuk mencegah pati dipecah menjadi gula, yang akan menyebabkan warna dan rasa kentang berubah.

6. Tomat
Udara dingin bisa mengubah tekstur buah tomat karena kandungan air di dalamnya bertambah. Simpanlah tomat yang belum dipotong di tempat kering dan terhindar dari sinar matahari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com