Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Konsumsi Obat Pereda Nyeri Selama Kehamilan

Kompas.com - 17/08/2016, 19:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Para peneliti di Inggris menganalisa data survei dari sekitar 7.800 ibu yang pernah hamil dan menemukan bahwa lebih dari setengahnya diketahui pernah mengonsumsi acetaminophen, beberapa kali selama kehamilan, sebagai obat pereda nyeri atau sakit.

Sekitar 5 persen anak-anak dari ibu yang mengonsumsi obat dengan kandungan acetaminophen selama hamil, didapati memiliki gangguan perilaku pada usia 7 tahun, seperti hiperaktif dan masalah emosional. Dan kondisi ini diketahui lebih berdampak pada anak perempuan ketimbang anak laki-laki.

Walau begitu, penulis utama studi Evie Stergiakouli dari University of Bristol di Inggris Raya mencatat, ini tidak berarti setiap ibu hamil harus menghindari acetaminophen sebagai obat untuk meredakan nyeri maupun rasa sakit selama kehamilan.

Namun, selama masih ada cara lain untuk meredakan sakit, ibu hamil dapat mengambil cara yang lebih aman ketimbang mengonsumsi obat, atau minta rekomendasi dokter sebelum mengonsumsi obat apapun.

“Kebanyakan obat pereda nyeri lain tidak dianggap aman untuk digunakan selama kehamilan,” imbuh Stergiakouli.

Menanggapi hasil tersebut, kata Dr Hal Lawrence, wakil presiden eksekutif dan chief executive dari American College of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG) mengatakan, ”Penelitian ini tidak membuktikan acetaminophen, yang juga dikenal sebagai parasetamol, langsung menyebabkan masalah perkembangan pada anak.”

“Gangguan perilaku bukan disebabkan karena hal tunggal. Sebab, otak anak tidak berhenti berkembang sampai setidaknya usia 15 bulan, sehingga masih menyisakan ruang bagi faktor-faktor yang mungkin menyebabkan gangguan perilaku pada anak."

Keterbatasan penelitian ini terletak pada kurangnya data tentang dosis atau lamanya penggunaan acetaminophen, para penulis mencatat dalam JAMA Pediatrics.

Penelitian ini juga mengandalkan ingatan orangtua tentang penggunaan acetaminophen dan masalah perilaku yang diamati pada anak-anak mereka.

Dr Aisling Murphy, seorang peneliti di kebidanan dan ginekologi di University of California, Los Angeles, yang tak terlibat dalam penelitian mengatakan, "Walau penelitian ini tidak dapat membuktikan secara pasti tentang hubungan antara acetaminophen dengan gangguan perilaku pada anak, secara umum, ibu hamil tetap perlu menghindari paparan obat apapun, termasuk acetaminophen, selama kehamilan. Jadi, mintalah rekomendasi dokter kandungan sebagai cara paling aman.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com