Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/08/2016, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Pola makan sehat yang direkomendasikan untuk mereka yang menderita darah tinggi, ternyata juga bisa menjadi terapi non-obat untuk keluhan asam urat.

Diet yang disebut DASH ini mengharuskan kita mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak, memilih susu rendah lemak, dan membatasi asupan lemak dan lemak jenuh.

Dalam pengujian pada lebih dari 4000 orang, mereka yang menjalani pola makan DASH juga mengalami penurunan kadar asam urat.

Para ahli mengatakan, kemampuan diet DASH untuk menurunkan kadar asam urat cukup signifikan, bahkan mendekati efektivitas obat.

"Hasil penelitian ini merupakan kabar yang baik bagi mereka yang menderita asam urat. Perubahan pola makan untuk mencegah asam urat seharusnya menjadi terapi lini pertama," kata ketua peneliti Dr.Edgar Miller III.

Diet DASH juga bisa menjadi alternatif untuk mereka yang menderita asam urat ringan sampai sedang, tapi tak mau mengonsumsi obat.

Selama ini orang yang memiliki kadar asam urat tinggi disarankan untuk membatasi asupan alkohol dan protein. Mungkin dari hasil penelitian itu bisa ditambahkan perlunya mengadopsi diet DASH.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com