Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2016, 16:03 WIB
Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja

Penulis

KOMPAS.com – Setelah berenang, ada kalanya Anda ingin duduk santai sesaat di pinggir kolam renang sambil menikmati minuman segar.

Namun, hal ini sebenarnya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Terutama untuk orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti orang-orang dengan penyakit diabetes.

“Jamur dan bakteri benar-benar bisa berkembang dalam kondisi lembab, tempat-tempat gelap seperti pakaian renang dan pakaian olahraga yang basah,” kata asisten profesor klinis dan ginekolog, Alyssa Dweck di Mount Sinai School of Medicine.

Karena itu, sebaiknya Anda segera membilas diri untuk mencegah timbulnya infeksi jamur pada pakaian renang yang basah.

Apalagi jika Anda berenang di kolam diklorinasi, yang dirancang dengan bahan kimia untuk membunuh organisme, yang bisa membuat Anda kebal dengan hal tersebut.

Seorang ahli kandungan Roya Rezaee mengatakan, bahwa bahan kimia yang ditambahkan ke dalam air untuk melindungi Anda, bisa menimbulkan pertumbuhan bakteri di vagina dan vulva, melalui pakaian renang yang Anda kenakan.

Lalu, hal ini juga akan mengurangi keseimbangan bakteri sehat yang ada di vagina, sehingga bisa menimbulkan bau tak sedap, gatal, dan bengkak.

Menurut Alyssa, salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan obat anti-jamur atau menggunakan krim untuk vagina Anda.

Masalah ini juga bisa menyerang pria. Jamur akan menyebabkan rasa gatal di sekitar organ genital pria yang bisa menyebar hingga ke bagian paha. Untuk mengatasinya, para pria bisa menggunakan obat anti jamur.

Sebelum jamur menyerang Anda, cara terbaik mencegahnya adalah dengan segera melepas pakaian renang dan membilas tubuh Anda dengan sabun hingga bersih.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com