Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedikit Waktu Tak Pengaruhi Kedekatan Emosi Orangtua dan Anak

Kompas.com - 21/08/2016, 15:13 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Banyak orangtua, khususnya ibu, yang merasa bersalah karena hanya memiliki sedikit waktu untuk bermain dengan anak-anak akibat padatnya kesibukan, baik pekerjaan kantor atau rumah. Mereka takut, kedekatan emosi dengan anak dapat berkurang. Tapi benarkah demikian?

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Pew Research Center, rata-rata ibu menghabiskan 14 jam seminggu untuk merawat anak-anak mereka, naik dari 10 jam ketimbang tahun 1965.

Namun, di sisi lain, studi yang sama juga menemukan bahwa 23 persen ibu merasa tidak punya banyak waktu untuk bermain dengan anak-anak mereka. Sehingga, menyebabkan kesedihan bahkan stres pada ibu dengan kesibukan yanng banyak.

Namun, ketika bicara tentang menghabiskan waktu dengan anak-anak, penelitian menunjukkan bahwa kualitas mengalahkan kuantitas.

Bahkan, sebuah studi dalam Journal of Marriage and Family menemukan, bahwa anak-anak waktu antara usia 3 dan 11 tahun menghabiskan banyak sekali waktu dengan orangtua atau ibu mereka tidak berdampak signifikan pada perilaku mereka, kesejahteraan emosional, atau akademis.

Menurut peneliti, anak juga membutuhkan waktu sendiri. Memberikan waktu luang bagi anak untuk mengeksplorasi, dapat merangsang anak untuk menggunakan imajinasinya dan menghibur dirinya sendiri, sehingga baik untuk perkembangan dirinya.

"Ibu tidak harus terlibat dengan anak-anak setiap detik, setiap hari untuk mendapatkan kedekatan emosi," kata kata Cara Maksimow, seorang pekerja sosial klinis berlisensi di Summit, New Jersey dan penulis Lose That Mommy Guilt: Tales and Tips From an Imperfect Mom.

Maksimow menambahkan, bila Anda tidak punya banyak waktu untuk bersama anak-anak, gunakan waktu yang ada secara berkualitas, dengan melakukan aktivitas sepenuh hati dengan anak, tanpa interupsi pekerjaan, gadget, atau kegiatan lain di luar dunia anak.

Masuklah ke dalam dunia anak, ketimbang meminta anak masuk dalam dunia Anda. Sehingga, anak akan dengan mudah menjalin kedekatan emosi dengan orangtua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com