Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2016, 13:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber time.com

KOMPAS.com - Lensa kontak adalah alat koreksi penglihatan yang aman dan efektif, asalkan digunakan dan dirawat sesuai yang direkomendasikan. Sebaliknya, pemakaian yang tidak tepat bisa menyebabkan infeksi mata serius.

Peringatan itu disampaikan pejabat kesehatan federal di (CDC) AS karena banyaknya kasus yang dilaporkan. Hampir satu dari lima infeksi mata berkaitan dengan lensa kontak dilaporkan ke Food and Drug Administration (FDA) lebih dari 10 tahun. Infeksi itu menyebabkan kerusakan mata.

Laporan tersebut mereview 1.075 infeksi yang berkaitan dengan lensa kontak antara tahun 2005 dan 2015. Pasien-pasien yang kena infeksi tersebut mengatakan mengalami kornea terluka, membutuhkan transplantasi kornea atau mengalami pengurangan penglihatan. Lebih dari 10 persen laporan, pasien mencari perawatan gawat darurat.

"Lensa kontak adalah alat koreksi penglihatan yang aman dan efektif ketika digunakan dan dirawat seperti yang direkomendasikan," kata Michael Beach, direktur Healthy Water Program CDC dalam sebuah pernyataan. "Namun penggunaan dan perawatan lensa kontak yang tak benar menyebabkan infeksi mata yang kadang menyebabkan kerusakan serius dan jangka panjang," ujarnya.

Sekitar 41 juta orang di AS menggunakan lensa kontak. CDC mengatakan pengguna lensa kontak tak boleh tidur masih menggunakan lensa tersebut. Disarankan selalu menggunakan cairan lensa kontak segar serta sering mengganti lensa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com