Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Black Garlic" Berkhasiat Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Kompas.com - 22/08/2016, 19:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Black garlic atau bawang putih hitam, kini menjadi bahan makanan sehat yang tengah naik daun. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di pasar swalayan. Namun, apa sebenarnya manfaat utama bawang putih berwarna hitam ini?

Bawang putih hitam merupakan bahan makanan kuno. Pertama kali dibuat di Korea sekitar 4.000 tahun, dan kini kembali digemari oleh pelaku gaya hidup sehat maupun ahli gizi. Para ilmuwan juga telah menemukan banyak manfaat kesehatan yang tidak ditemukan dalam bawang putih biasa.

Bawang putih hitam diolah melalui proses penuaan yang berlangsung sekitar 3 minggu. Diproses dalam kondisi lembab dan panas untuk membentuk karamel pada daging bawang, termasuk membentuk rasa yang lebih kuat. Gula dan asam amino menghasilkan melanoidin, membuat daging bawang putih menjadi hitam.

Proses penuaan menguatkan manfaat kesehatan tradisional bawang putih, yang mencakup memerangi demam, menurunkan tekanan darah, dan detoksifikasi tubuh dari logam berlebih.

Namun, bawang putih hitam dinilai mampu melakukannya lebih baik lagi. Berikut beberapa khasiat utamanya:


Tinggi Antioksidan

Sebuah studi “Antioxidant Effect of Garlic and Aged Black Garlic in Animal Model of Type 2 Diabetes Mellitus” menemukan, bahwa bawang putih hitam memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi ketimbang bawang putih biasa.

Tingginya kandungan tersebut, dapat digunakan untuk mencegah komplikasi diabetes. Antioksidan sendiri mampu melindungi integritas sel dan telah dikaitkan dengan menunda tanda-tanda penuaan.


Menurunkan Kolesterol

Bawang putih hitam mengandung konsentrasi tinggi dari senyawa S-allylcysteine, yang telah ditemukan mampu menurunkan kadar kolesterol.

"Selama proses fermentasi, senyawa allicine (yang membuat bawang putih mentah berbau khas) berubah menjadi s-allcysteine," kata ahli gizi Robert Hobson.

Penelitian juga menemukan, penurunan kadar lipid dan kolesterol pada tikus yang diberi diet bawang putih hitam.


Mencegah Kanker Usus

Sebuah 2014 studi yang dimuat dalam Spandidos Publications menemukan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua dapat menghambat pertumbuhan jalur perkembangan kanker usus besar.

Hal ini menunjukkan, bahwa ekstrak bawang putih hitam tua mungkin dapat digunakan dalam pencegahan dan pengobatan kanker usus besar di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com