Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2016, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Apa yang kita lakukan 30 menit setelah berolahraga, ternyata sama pentingnya dengan olahraga itu sendiri.

Berikut adalah hal yang sebaiknya kita lakukan setelah olahraga untuk mendapatkan hasil maksimal:

10 menit pertama: peregangan
Hal utama dan paling penting yang perlu dilakukan setelah olahraga adalah melakukan peregangan ketika otot-otot masih hangat. Menurut Jordan D.Metzl, dokter olahraga, otot-otot butuh waktu 30-40 menit sebelum dingin.

"Ketika otot mendingin, ia akan berkontraksi dan jika kita mencoba untuk melemaskannya, risikonya adalah cidera," kata Metzl.

Oleh karenanya, ia menyarankan untuk melakukan peregangan setelah olahraga dengan durasi sekitar 10 menit.

20 menit setelah olahraga: ganti pakaian
Bila Anda tidak bisa langsung mandi, misalnya karena harus mengejar waktu ke acara berikutnya, gantilah semua pakaian Anda, termasuk pakaian dalam.

Pakaian yang kita pakai untuk berolahraga dan penuh keringat itu merupakan tempat yang disukai bakteri, kuman, dan jamur, sehingga bisa memicu infeksi kulit atau jerawat.

Bila Anda lupa membawa baju ganti, lap kulit dengan handung yang diberi air, lalu keringkan dengan handuk lainnya. Utamakan bagian wajah terlebih dahulu.

20-30 menit setelah olahraga: isi perut
Pastikan Anda mengisi ulang perut Anda 30 menit setelah olahraga. Hal ini bisa memaksimalkan proses pemulihan, mengurangi risiko nyeri otot, dan membantu performa lebih baik di sesi latihan berikutnya.

Atur asupan kalorinya. Bila tujuan olahraga Anda ingin menurunkan berat badan, konsumsi hanya 200 kalori dengan rasio 1:1 untuk karbohidrat dan protein. Sementara itu jika Anda ingin mempertahankan berat badan sekarang, kalori yang diasup bisa sekitar 300-400 kalori dengan rasio 3:1 karbohidrat dan protein.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com