Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/08/2016, 08:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski dibutuhkan dalam jumlah sedikit, mineral sangat penting bagi kesehatan manusia. Dokter Ulul Albab, SpOG dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, mineral bekerja sebagai kofaktor dan katalisator kerja organ-organ tubuh manusia.

"Tubuh kita memang hanya butuh mineral 5 persen setiap harinya, tapi tanpa mineral bisa berakibat negatif pada sistem dan fungsi tubuh manusia," kata Ulul dalam acara peluncuran Gerakam Indonesia Sehat oleh Le Minerale dan IDI di Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Ulul mencontohkan, jika tubuh kekurangan zat besi bisa terasa lemas. Begitu pula dengan kekurangan magnesium, tubuh akan lebih mudah lelah karena mineral ini merupakan katalisator metabolisme eneegi.

Pada ibu hamil, kekurangan mineral ini pun dapat memengaruhi kesehatan janin. "Misalnya, zat besi, itu diperlukan untuk pertumbuhan otak bayi," jelas Ulul.

Fungsi mineral lainnya, seperti kalsium, dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi, proses kontraksi dan relaksasi otot pada ibu yang akan melahirkan, serta sistem imunitas tubuh. Ada juga natrium untuk menjaga keseimbangan cairan dan sebagai alat angkut zat gizi melalui membran sel.

Sementara itu, untuk kekebalan tubuh, kesehatan mata, hingga mempercepat penyembuhan luka, tubuh memerlukan seng.

Ulul mengatakan, mineral memiliki fungsinya masing-masing bagi kesehatan tubuh. Mineral bisa didapat dari makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, juga air minum.

Air merupakan sumber mineral alami. Dalam air mineral, biasanya mengandung magnesium, kalsium, sodium, dan potasium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com