Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2016, 08:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Pola makan yang sehat merupakan salah satu syarat untuk memperbaiki kesuburan. Pada pria, selama ini toge dipercaya sebagai sayuran yang dapat menyehatkan sperma.

Toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin tersebut memang diperlukan untuk pembentukan sperma yang sehat.

Vitamin E juga antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. "Radikal bebas ini bersifat meracuni sehingga mengganggu proses pembentukan sperma atau spermatogenesis," kata dr.Sigit Solichin, spesialis urologi dari RS Bunda Jakarta.

Kekurangan vitamin E tidak hanya mengganggu produksi sperma, tapi juga menyebabkan menurunnya produksi hormon-hormon dan enzim yang bertanggung jawab atas produksi sperma.

Meski demikian, menurut dr.Sigit, konsumsi makanan atau suplemen vitamin E tidak akan berpengaruh banyak jika ternyata diketahui ada gangguan pada "pabrik sperma", yaitu testis.

"Yang sering terjadi adanya kondisi varikokel atau pelebaran pembuluh darah vena di testis. Ini merupakan penyebab ketidaksuburan pada pria," ujarnya.

Untuk itu, gangguan pada orgran reproduksi pria tersebut harus diatasi terlebih dahulu.

Di lain pihak, konsumsi makanan bergizi tetap harus dilakukan. Selain vitamin E, vitamin C dan juga beta karoten juga penting untuk menghindari radikal bebas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com