Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bila Ingin Mental Sehat, Tinggalkan Pekerjaan yang Bikin Stres

Kompas.com - 25/08/2016, 17:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Foxnews

KOMPAS.com - Bila pekerjaan Anda saat ini memiliki tingkat stres tinggi sehingga tak ada kepuasan kerja, sebaiknya carilah pekerjaan lain. Ini agar kesehatan mental Anda selalu dalam kondisi baik.

Kepuasan kerja yang rendah akibat tekanan yang besar itu berdampak jangka panjang pada kesehatan mental. Menurut penelitian, dampaknya bersifat akumulatif dan bisa muncul di masa depan.

"Hasil penelitian kami menemukan efek kumulatif dari kepuasan kerja pada kesehatan yang akan muncul di usia 40-an," kata ketua peneliti Jonathan Dirlam, mahasiswa doktoral sosiologi dari Ohio State University, AS.

Penelitian dilakukan dengan mengamati data 6.500 orang berusia 14-22 tahun di tahun 1979. Kemudian para responden itu disurvei kembali tentang kesehatannya saat mereka berusia 40 tahun.

Orang dengan kepuasan kerja rendah yang terus berlanjut, sekitar 46 persen lebih mungkin didiagnosis mengalami gangguan emosional dibanding dengan orang yang memiliki kepuasan kerja tinggi.

Kepuasan kerja rendah juga terkait dengan kesehatan mental secara umum lebih rendah, beresiko tinggi depresi, dan lebih sulit tidur.

Sementara itu, orang yang di awal penelitian memiliki kepuasan kerja tinggi, tapi seiring waktu grafiknya terus turun, memiliki status kesehatan mental dengan tingkat menengah.

Hasil studi lain yang menarik, riwayat stres kerja juga berpengaruh, jadi bukan cuma kondisi saat ini.

Stres kerja mungkin merupakan hal yang sulit dihindari, namun kita bisa mengelolanya untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com