Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kanker dengan Cara Menjaga Berat Badan Tak Berlebih

Kompas.com - 29/08/2016, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Tak melakukan apa-apa ketika angka timbangan Anda terus bertambah sebenarnya sama saja dengan membiarkan penyakit kanker mengintai.

Hasil kajian luas terhadap 1.000 studi epidemiologi yang dilakukan organisasi kesehatan dunia (WHO) menunjukkan bahwa obesitas akan membuat kita rentan terkena penyakit kanker.

Penyakit kanker yang perlu diwaspadai orang gemuk, antara lain liver, indung telur, kanker tiroid, payudara, pankreas, dan sebagainya.

Orang yang obesitas juga beresiko lima kali lebih besar terkena kanker esofagus, dan 7 kali lebih besar terkena kanker rahim, dibanding dengan orang yang berat badannya normal.

Obesitas akan menyebabkan inflamasi kronik di seluruh tubuh dan mengganggu produksi normal sejumlah hormon, misalnya insulin, testosteron, dan estrogen. Semua faktor tersebut berkontribusi pada timbulnya kanker.

Kabar baiknya, perubahan gaya hidup bisa menurunkan risiko penyakit ini. Misalnya saja pola makan yang sehat, mengurangi berat badan, dan berolahraga, selain juga tidak merokok.

Saat ini diperkirakan 640 juta orang dewasa di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com