Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2016, 14:12 WIB

KOMPAS.com- Komplikasi kesehatan akibat infeksi virus Zika terus bertambah. Menurut laporan terbaru dari Brasil, bayi yang lahir dari ibu terinfeksi Zika bisa mengalami gangguan pendengaran.

Para ilmuwan masih di tahap awal dalam memahami efek Zika secara menyeluruh. Virus ini sudah diketahui menyebabkan cacat lahir mikrosefali. Beberapa studi lain menunjukkan komplikasi kerusakan otak serius dan gangguan penglihatan.

Studi terbaru yang dipublikasikan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menunjukkan, dari 70 anak yang menderita mikrosefali terkait Zika, empat diantaranya mengalami kerusakan pendengaran.

Terganggunya pendengaran tersebut disebabkan karena kerusakan telinga bagian dalam atau kerusakan saraf yang menghubungkan telinga dengan otak. Akibatnya adalah gangguan pendengaran permanen.

Memang ada cacat lahir lain yang juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran, tetapi ini adalah pertama kali ditemukan pada bayi mikrosefali akibat Zika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com