Jumat, 31 Maret 2017

Health

KONSULTASI SEKS Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS
Guru Besar pada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Kini dia menjabat sebagai Kepala Bagian Andrologi dan Seksologi, Ketua Pusat Studi Anti-Aging Medicine, dan Ketua Program Magister dengan kekhususan Anti-Aging Medicine dan kekhususan Ilmu Kedokteran Reproduksi. Prof Wimpie juga menjabat Ketua Umum Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI), Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia (Persandi), dan Wakil Ketua Perhimpunan Kedokteran Anti Penuaan Indonesia (Perkapi)

Hubungan Seks Tanpa Orgasme

Shutterstock Ilustrasi

TANYA:

Dok apakah hubungan seksual itu harus selalu diakhiri dengan orgasme? Bagaimana jika meski tidak pernah orgasme tapi tidak masalah, karena sudah cukup bahagia dengan pasangan? Sebenarnya, apa hambatan seorang wanita tidak bisa orgasme?
Kahfi (25)

JAWAB:

Hubungan seksual yang harmonis mestinya dinikmati bersama oleh setiap pasangan. Artinya, kedua pihak dapat merasakan kenikmatan (orgasme) dan kepuasan seksual. Kalau hubungan seksual tidak menyenengkan bagi salah satu pihak, dapat muncul akibat buruk.

Beberapa akibat buruk antara lain kecewa, jengkel, marah, dan muncul gejala psikosomatik misalnya susah tidur, sering sakit kepala. Akhirnya menjadi malas atau menolak melakukan hubungan seksual.

Sebagian pria merasa kecewa karena tidak dapat memuaskan istrinya, yang selanjutnya berpengaruh pada fungsi seksualnya juga.

Tetapi kalau Anda merasa tidak masalah dengan hubungan seksual tanpa orgasme, berarti Anda sudah dapat beradaptasi dengan hubungan seksual yang tidak utuh itu. Sepanjang tidak menimbulkan akibat seperti di atas, termasuk pada suami, ya tentu bukan masalah bagi Anda.

Ada beberapa penyebab mengapa seorang perempuan tidak mampu mencapai orgasme. Pertama, gangguan fungsi seksual pihak pria antara lain, ereksi yang tidak optimal, ejakulasi yang terlampau cepat.

Di pihak perempuan, antara lain gangguan fungsi seksual seperti perlendiran vagina yang terganggui dan gangguan hormon seks. Selain itu posisi hubungan seksual yang tidak efektif bagi perempuan, juga menghambat orgasme.


Editor : Lusia Kus Anna

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat