Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaruh Serangan Jantung pada Kehidupan Seks

Kompas.com - 02/09/2016, 19:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber time.com

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, berhubungan seks setelah serangan jantung itu aman. Tetapi sekitar separuh pria dan wanita mengatakan mereka bermasalah dengan fungsi seks setahun setelah serangan jantung. Demikian hasil sebuah studi baru yang diterbitkan di JAMA Cardiology.

Peneliti menganalisa data 2.802 orang di AS dan Spanyol yang mengalami serangan jantung dan dilacak sampai setahun kemudian. Mereka yang terlibat dalam penelitian itu berusia 18-55 tahun, usia di mana 20 persen serangan jantung terjadi.

Dari orang yang aktif secara seksual dalam studi tersebut, lebih dari separuh wanita dan hampir separuh pria bermasalah dengan fungsi seks setahun setelah serangan jantung.

Masalah paling lazim adalah kurangnya minat seks dan bermasalah dengan pelumasan, sementara pria mengalami masalah ereksi dan kurangnya minat.

Beberapa dari keluhan itu mungkin berakar dari campuran masalah biologis dan psikologis. Ini kata peneliti Dr Stacy Lindau, associate professor obestetri/ginekologi dan kedokteran geriatri serta direktur University of Chicago's Program in Integrative Sexual Medicine.

"Seksualitas adalah fenomena tubuh dan pikiran," katanya. Lindau mengatakan pernah memeriksa pasien yang serangan jantungnya menciptakan kekhawatiran perihal seks. "Sejumlah orang khawatir hubungan seks akan memicu serangan jantung lagi," imbuhnya.

Sedangkan sejumlah pasien mengatakan serangan jantung membuat mereka lebih dekat dengan pasangan. "Mereka menyadari betapa berharganya pasangan tercinta serta berkomitmen untuk lebih memperhatikan kehidupan seks mereka," tambahnya.

"Empat puluh persen wanita dan 55 persen pria yang tak punya masalah sebelum serangan jantung melaporkan tak berhubungan seks setahun setelah serangan," katanya.

Penemuan lainnya, pasien serangan jantung yang tak konsultasi ke dokter soal seks cenderung tak bermasalah dengan seks.

"Sebagian besar masyarakat setelah serangan jantung ingin kembali dengan kehidupan seksnya. Seks merupakan elemen penting untuk membantu mereka sembuh. Kita sekarang tahu apa masalahnya sehingga kita dapat memberikan konseling pasien apa yang harus dilakukan dan apa yang dapat diharapkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com