Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2016, 14:32 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Kini produk organik tak hanya terbatas pada sayuran atau daging, tapi juga mulai sering ditemukan dalam penjualan kasur, popok, dan sekarang tampon maupun pembalut.

Rumor mengatakan baik tampon maupun pembalut mengandung kimia berbahaya bagi kesehatan, namun menurut Food and Drug Administration, tidak ada tampon yang diproduksi mengandung asbes, dioxin atau toxins, serta kimia berbahaya lainnya. Walaupun menggunakan zat kimia, mereka aman untuk digunakan.

Menurut Dr. Manny Alvarez, ginekolog dan pengasuh rubrik kesehatan FoxNews, walau semakin banyaknya orang yang tertarik dengan tampon atau pembalut organik, sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa produk organik untuk tampon dan pembalut lebih sehat ketimbang produk biasa.

“Kecuali, jika Anda termasuk yang peduli akan lingkungan dan hanya ingin menggunakan kapas yang tumbuh tanpa pestisida, menggunakan tampon atau pembalut organik adalah cara untuk mewujudkannya,” ungkapnya.

Dr. Manny menambahkan, yang perlu diingat adalah, penggunaan tampon tetap memiliki risiko Toxic Shock Syndrome. Walau jarang terjadi, bisa berakibat fatal, seperti reaksi alergi hingga infeksi.

Tidak peduli jenis tampon atau pembalut apa yang Anda gunakan, pastikan untuk mengganti tampon atau pembalut setidaknya setiap 4 sampai 8 jam sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com