Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Penting Diperhatikan Saat Konsumsi Suplemen Pembentuk Otot

Kompas.com - 04/09/2016, 19:10 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Memiliki tubuh atletis menjadi impian para pria. Konsumsi suplemen olahraga dengan kandungan kreatin bisa membantu mewujudkannya. Namun, seberapa aman konsumsi kreatin bagi remaja?

Keratin merupakan kombinasi dari asam amino yang diproduksi secara alami dalam tubuh oleh hati, ginjal dan pankreas. Kreatin juga dapat ditemukan dalam makanan kaya protein seperti daging dan ikan.

Asupan kreatin sendiri mampu mengurangi kelelahan otot dengan mengangkut energi ekstra untuk sel-sel tubuh dan menyebabkan kenaikan berat badan oleh air, yang dapat membuat otot terlihat lebih besar.

Selain dari makanan, kreatin juga dapat ditemui dalam bentuk suplemen. Karena kreatin dinilai dapat membantu membentuk massa otot, maka orang yang ingin membangun otot tubuh umumnya mengonsumsi suplemen ini.

"Namun, suplemen kreatin belum diteliti secara memadai bila dikonsumsi oleh anak di bawah 18 tahun," kata Elizabeth DeRobertis, seorang ahli diet terdaftar dan ahli gizi.

"Jadi karena alasan itu, tidak dianjurkan bagi anak remaja kurang dari 18 tahun untuk mengonsumsi kreatin.”

Setelah anak beranjak 18 tahun atau lebih, DeRobertis menekankan bagi mereka yang mengonsumsi kreatin untuk mengetahui beberapa poin ini:

1. Kreatin ditemukan efektif dalam pemakaian jangka pendek, yang diikuti dengan latihan intensitas tinggi, seperti berlari.

2. Saat memutuskan untuk mencoba kreatin, pengguna sebaiknya aktif bergerak dan membiarkan pelatih olahraga atau orang tua tahu tentang suplemen yang dikonsumsi.

3. Minum cukup air sepanjang hari, karena kreatin dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga harus mengonsumsi air setidaknya 1,5-2 liter per hari.

4. Tidak boleh menggabungkan kreatin dengan suplemen lainnya, terutama yang mengandung kafein atau ephedra karena dapat memaju jantung dan organ lain dalam tubuh.

Seperti biasa, sangat penting untuk berbicara dengan dokter sebelum melakukan diet atau perubahan gaya hidup, terutama yang berhubungan dengan obat serta suplemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com